Apakah Anda berada dalam situasi dalam hidup Anda saat ini di mana Anda merasa kemungkinan melawan Anda dan semua harapan hilang?

Ingat! Anda tidak sendiri. 

Masih banyak orang yang mengalami hal yang serupa seperti Anda rasakan saat ini, bahkan mungkin jauh lebih dari apa yang Anda alami saat ini.

Hal-hal dapat terjadi dalam hidup di mana Anda tiba-tiba menemukan diri Anda berada di bawah harapan. Itu bisa berupa kehilangan seseorang atau sesuatu yang Anda sayangi, keadaan yang terlalu berat untuk ditanggung, beberapa hal yang tidak berhasil, fase di mana Anda terjebak dan tidak dapat melihat jalan ke depan, perasaan yang Anda rasakan sendirian, atau kehilangan minat untuk hidup.

Tidak peduli apa yang telah Anda lalui atau alami, Anda dapat mengatasi keadaan Anda saat ini dan berseri-seri dengan secercah harapan lagi. Anda akan menemukan dalam artikel ini beberapa saran yang berguna untuk membantu Anda menyalakan kembali harapan dan kemenangan Anda atas situasi Anda saat ini. Photo by instagram markojurko87


Apa Itu Harapan?

Harapan adalah ekspresi keyakinan dalam hidup, dasar untuk disposisi yang lebih praktis seperti kesabaran, tekad, dan keberanian. Harapan memberikan tujuan dan motivasi untuk mencapai tujuan tersebut.


Mengapa Harapan Penting Dalam Hidup?

Harapan adalah kebutuhan besar untuk menghasilkan dan mempertahankan antusiasme yang diperlukan untuk menjalani kehidupan yang bertujuan dan memuaskan. Jika Anda ingin menjalani kehidupan yang penuh dan bermakna, harapan adalah satu teman yang tidak bisa Anda hilangkan .

Dikatakan bahwa,

"Manusia dapat hidup 40 hari tanpa makanan, tiga hari tanpa air, delapan menit tanpa udara, tetapi hanya satu detik tanpa harapan."


Di bawah ini adalah beberapa pentingnya harapan dalam hidup,


1. Harapan Menghasilkan Keberanian Yang Dibutuhkan Untuk Menghadapi Tantangan Hidup

Banyak situasi dalam hidup datang tanpa peringatan, dan orang sering kali mendapati diri mereka tidak siap untuk menangani kesulitan yang mungkin timbul sebagai akibat dari situasi tersebut.

Misalnya, pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia tidak memberi tahu apa pun, namun telah merenggut ratusan ribu nyawa, jutaan pekerjaan, dan bisnis telah kehilangan omset miliaran didunia.

Ada tantangan lain yang mungkin tidak sama besarnya dengan COVID-19 tetapi dapat berdampak melemahkan kesehatan, keuangan, keluarga, atau bisnis seseorang. Tetapi ketika Anda dapat menemukan jangkar harapan di tengah tantangan Anda, harapan akan muncul dari dalam diri Anda dan Anda akan tiba-tiba mendapatkan keberanian untuk menghadapi tantangan.


2. Harapan Itu Optimis Bahwa Segalanya Akan Berhasil

Harapan tidak menyerah terlalu cepat, dan tidak mudah menerima kekalahan.

Ketika Anda memiliki harapan, Anda dapat menyelesaikan hampir semua hal karena Anda yakin bahwa usaha Anda pada akhirnya akan membuahkan hasil. Harapan membantu Anda percaya bahwa terlepas dari pengalaman tidak menyenangkan yang Anda alami, pada akhirnya Anda akan segera mengatasinya.


3. Harapan Membantu Memulai Strategi Baru

Harapan memberi Anda inisiatif untuk menemukan strategi baru dalam menemukan solusi daripada menyerah. Ketika Anda memiliki harapan, Anda akan menjadi kreatif dan inovatif untuk menemukan cara alternatif untuk keluar dari situasi Anda saat ini.

Harapan mencari cara baru untuk mencapai impiannya daripada menyerah pada beban kemustahilan.


4. Harapan Membantu Anda Tetap Dalam Permainan Sampai Solusi Ditemukan

Ada kalanya Anda bahkan tidak dapat melihat jalan ke depan dalam suatu situasi. Ini seperti harus berenang ke pantai ketika Anda menemukan diri Anda berada di perahu yang terbalik.

Anda bahkan tidak tahu seberapa jauh atau dekat Anda ke pantai, dan Anda hanya memiliki dua pilihan, yaitu untuk ditarik dan mati atau terus berenang selama Anda bisa sampai ketika mungkin keajaiban terjadi.

Mempertahankan harapan Anda dapat membantu Anda bertahan sampai solusi ditemukan. Kebanyakan orang telah menemukan solusi yang sebagai hasil dari ketekunan dan tetap bertahan dalam permainan.


Bagaimana Memulihkan Dan Menghidupkan Kembali Harapan

Ketika dalam situasi di mana Anda kehilangan keseimbangan dan menemukan diri Anda berada di ujung harapan yang paling rendah, berikut adalah beberapa tips dan saran tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk memulihkan, menyalakan kembali, dan meremajakan harapan Anda.


1. Ekspresikan Perasaan Anda

Keluarkan dari kepalamu.

Terkadang untuk menemukan solusi atas suatu masalah, Anda harus mulai dengan melepaskan pikiran Anda darinya. Ada semacam kelegaan yang Anda dapatkan ketika Anda mengungkapkan perasaan Anda dengan berbicara kepada diri sendiri atau kepada pendengar.

Anda dapat menulis situasi Anda di jurnal pribadi Anda dan tergantung pada sensitivitas masalah, Anda dapat menulis di blog pribadi atau membuat posting video untuk menceritakan pengalaman Anda di platform seperti Instagram.

Berbicaralah dengan orang terdekat, keluarga atau sahabat, mungkin pikiran Anda akan bebas dari menanggung beban sendirian dan Anda bisa mendapatkan nasihat bermanfaat yang dapat memunculkan harapan dalam diri Anda lagi.


2. Temukan Komunitas

Selain mengekspresikan perasaan Anda melalui berbagai cara, Anda juga dapat menemukan harapan di komunitas. Anda akan menemukan komunitas orang-orang yang menghadapi tantangan yang sama seperti Anda. Dalam komunitas seperti itu, Anda akan mendapatkan pelajaran yang berharga atau mendengar kisah sukses tentang bagaimana orang mengatasi tantangan bersama.

Anda dapat menemukan komunitas semacam itu dengan menghadiri acara jejaring atau mencari grup minat di media sosial. Saat Anda mendengar cerita orang lain dan bagaimana mereka mampu mengatasi tantangan serupa, Anda akan menemukan harapan untuk mengatasi tantangan Anda juga.


3. Terhubung Ke Tujuan Anda Yang Lebih Besar

Ketika Anda fokus pada tantangan langsung Anda dan betapa buruknya hal-hal yang terjadi, mungkin sulit untuk menemukan harapan. Tetapi ketika Anda fokus pada gambaran yang lebih besar dan tujuan hidup Anda yang lebih besar, Anda akan menemukan inspirasi untuk percaya lagi.

Anda juga akan tahu bahwa fase ini akan berlalu dan akan ada fajar pagi baru, pagi yang akan membawa Anda ke mimpi yang lebih besar.


4. Hidupkan Kembali Momen Berkesan Anda

Terkadang, beberapa masalah bisa terlihat seperti masalah besar sampai Anda mengingat beberapa acara langsung Anda. Anda mungkin mengetahui bahwa Anda telah melalui hal-hal yang lebih buruk dan menjadi kuat. Anda juga akan menemukan beberapa momen di mana Anda awalnya kehilangan harapan tetapi melakukan perlawanan yang baik, terus berjuang dan menjadi pemenang.

Bahkan jika masalah tersebut memiliki skala yang lebih kecil dibandingkan dengan yang Anda hadapi saat ini, Anda masih dapat menggunakan pendekatan serupa pada skala yang lebih tinggi untuk memberikan solusi yang diinginkan.


5. Lakukan Sesuatu Yang Berbeda

Cara lain untuk menemukan harapan adalah dengan mencoba sesuatu yang berbeda. Anda dapat mengubah rutinitas Anda atau mengubah lingkungan Anda dengan pergi berlibur di mana Anda akan melihat tempat dan pemandangan yang indah dan bertemu orang baru.

Anda juga dapat menghabiskan waktu dengan alam untuk menghidupkan kembali harapan. Telah ditemukan bahwa menghabiskan waktu dengan alam memiliki efek fisik dan psikologis. Ini mengurangi stres dan juga mengurangi depresi dan kecemasan.


6. Baca Biografi Dan Autobiografi

Ada pepatah umum yang mengatakan bahwa tidak ada hal baru di bawah langit.

Orang-orang telah datang dan pergi di dunia ini dan telah menghadapi segala macam situasi sulit. Begitu banyak kisah penderitaan dan kemenangan yang telah diceritakan atau ditulis, dan membaca informasi tersebut dapat membantu Anda dapatkan motivasi dalam keputusasaanmu dan Anda juga dapat menemukan cara-cara praktis untuk menghadapi situasi khusus Anda.


7. Tonton Film Heroik

Apakah mereka didasarkan pada kisah kehidupan nyata atau hanya fiksi murni, Anda dapat menemukan inspirasi dengan menonton film heroik.

Film memiliki cara untuk menarik kepekaan kita. Mereka juga dapat memicu dorongan yang Anda butuhkan untuk terus maju. Ketika Anda melihat bagaimana orang biasa membalikkan situasi dan menjadi hebat terlepas dari segala rintangan, sesuatu di dalam diri Anda akan meyakinkan Anda bahwa Anda juga dapat mengatasi situasi dan kemenangan Anda saat ini.


8. Tonton Ulang Acara Olahraga Bersejarah

Olahraga penuh dengan cerita kejutan dan kebangkitan magis, terutama pada injury time ketika semua harapan hilang. Menonton permainan seperti itu dapat membantu Anda mendapatkan kegembiraan dan menyalakan kembali harapan Anda.

Ada juga cerita khusus tentang pelatih, tim, dan atlet yang melakukan comeback mengejutkan ketika orang-orang menyerah.

Patut disebutkan secara khusus adalah kisah Tiger Woods, yang telah ditandai sebagai salah satu kisah comeback terbaik dalam sejarah olahraga. Woods memenangkan Masters lagi setelah melalui kemerosotan karir karena tantangan pribadi dan kesehatan yang buruk.

Kisah inspiratif semacam itu dapat membantu Anda menyadari bahwa Anda masih dapat menemukan harapan bahkan dalam situasi yang paling tanpa harapan.


9. Mencari Bantuan

Anda dapat berbicara dengan pasangan, teman, konselor, atau siapa pun yang mau mendengarkan cerita Anda.

Selain berbicara dengan orang lain, Anda mungkin juga perlu mengambil langkah proaktif. Anda dapat meminta bantuan khusus seperti jangan malu untuk meminta bantuan ke orang terdekat jika Anda memerlukan bantuan keuangan, berbicara dengan kelompok advokasi jika Anda ditipu atau dilecehkan, atau meminta bantuan dari pakar lain yang dapat menangani situasi spesifik Anda.


10. Berdoa dan Meminta Petunjuk Kepada Tuhan

Sebagai manusia, banyak hal yang berada di luar jangkauan kita dan inilah mengapa kita tidak perlu ragu untuk mencari campur tangan Tuhan setiap kali kita jatuh tersungkur. Beberapa orang telah menemukan harapan, kegembiraan, dan pemulihan dengan mencari bantuan dari 'atas'.

Dengan berdoa dan menurunkan beban Anda kepada Tuhan, Anda mengakui bahwa Anda hanya manusia dan membutuhkan bantuan yang lebih besar daripada yang dapat diberikan oleh manusia lain.


Kesimpulan

Selalu ada sumber kekuatan dan harapan yang tersedia untuk setiap situasi.

Bicaralah dengan seseorang, lakukan sesuatu yang berbeda, lihat ke dalam diri Anda, baca biografi, hidupkan kembali kenangan lama, atau meminta bantuan Tuhan. Ketika Anda melakukannya, pikiran Anda akan disegarkan, masalah Anda akan tampak lebih ringan, dan Anda akan menemukan harapan untuk menavigasi sampai Anda keluar dari situasi tersebut.

Semoga Artikel "Apa Yang Harus Anda Lakukan Ketika Semua Harapan Hidup Anda Hilang?" ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan Anda menyukainya.




Referensi,