Pikiran dan perilaku orang lain mempengaruhi Anda. Orang-orang dengan siapa Anda mengelilingi diri Anda mempengaruhi potensi Anda. Ini bukan hanya spekulasi.

Mobilitas ekonomi seseorang sebagian besar ditentukan oleh daerah tempat mereka tinggal. Anak-anak dari masyarakat berpenghasilan rendah cenderung memiliki potensi penghasilan tinggi daripada rekan-rekan mereka yang makmur. Sulit untuk keluar dari lingkungan Anda.

Kelompok teman mungkin secara tidak sadar mengambil perilaku dan gaya hidup satu sama lain. Mereka menggunakan frasa yang sama ketika mereka berbicara, dan mereka dapat mempengaruhi pilihan pakaian masing-masing.

Efek dari kelompok sebaya tidak luput dari perhatian di dunia usaha seperti yang dikutip Jim Rohn,

"Anda adalah rata-rata dari lima orang yang paling sering menghabiskan waktu bersama Anda."

Ketika kita mengelilingi diri kita dengan kuat, berprestasi tinggi dengan karakter yang baik, kita lebih mungkin untuk menjadi seperti mereka. Di sisi lain, bayangkan berapa banyak pengaruh negatif yang dapat dimiliki orang berprestasi rendah terhadap Anda. Jika lima teman terbaik Anda memiliki pandangan yang buruk tentang kehidupan dan puas dengan kinerja sub-par, maka ada kemungkinan besar bahwa beberapa negativitas itu akan menular pada Anda. Photo by Instagram bdpquadrangle


1. Pengaruh Orang Lain Mudah Diabaikan

Untuk meningkatkan hidup Anda, bergaul dengan orang-orang dengan standar yang lebih tinggi dari Anda. Jika Anda memiliki harapan yang tinggi untuk diri sendiri dan Anda mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang juga memiliki harapan yang berani, Anda akan memiliki kualitas hidup yang lebih besar.

Segala sesuatu yang Anda izinkan ke dalam hidup Anda dan setiap tindakan yang Anda ambil mencerminkan siapa Anda. Tony Robbins pernah berkata,

"Biarkan kesibukan Anda menjadi cerminan dari standar yang telah Anda tetapkan untuk diri sendiri."

Ini tidak berarti bahwa Anda harus memiliki hal-hal paling mewah atau bekerja di kantor sudut segera, tetapi itu berarti bahwa Anda melakukan yang terbaik dengan cara apa pun yang Anda miliki. Anda tidak harus menjadi karyawan top di perusahaan untuk melakukan pekerjaan yang sangat baik. Anda tidak harus menjadi kaya untuk menjaga hal-hal terorganisir. 

Jika Anda merasa seperti Anda stagnan dalam situasi Anda saat ini, mungkin sudah waktunya untuk membuat beberapa perubahan. Perubahan dan pertumbuhan dapat muncul ketika Anda membuat pilihan sadar tentang lingkungan Anda.

Selain bercita-cita untuk memperbaiki lingkungan Anda, menjaga perusahaan yang lebih baik dapat pergi jauh ke arah membantu Anda mencapai tujuan Anda. Anda tidak dapat menjalani hidup Anda tanpa orang, dan jenis orang dengan siapa Anda mengasosiasikan dapat mempengaruhi pekerjaan Anda.

Misalnya, jika teman-teman Anda cenderung membuang banyak waktu di ponsel dan media sosial mereka, Anda mungkin tertarik pada siklus gangguan itu. Jika Anda sadar kesehatan, tetapi rekan-rekan Anda menghabiskan sepanjang hari mengunyah kue dan keripik, Anda akan mengalami kesulitan untuk tetap berpegang pada diet bergizi.

Di sisi lain, ketika Anda dikelilingi oleh orang-orang yang fokus ketika mereka bekerja, Anda lebih mungkin untuk fokus. Bahkan, sulit untuk tidak fokus karena Anda ingin dimasukkan dan Anda tidak ingin bertanggung jawab untuk memecah konsentrasi seseorang. Jika Anda belum pernah merasakan motivasi semacam ini, masuklah ke perpustakaan universitas di sekitar final. Setiap orang bersatu dalam dorongan mereka untuk berhasil.


2. Jaringan Anda Adalah Kekayaan Bersih Anda

Ini adalah kutipan dari Tim Sanders, mantan direktur Yahoo!

Ketika Anda mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang memiliki standar tinggi kepada Anda, Anda dikelilingi oleh orang-orang yang berusaha untuk berbuat lebih baik. Energi mereka menular dan akan secara positif mempengaruhi Anda.


3. Motivasi dan dedikasi menular.

Bayangkan bekerja pada tim di mana 80% anggota tim sangat termotivasi dan 20% dari mereka mengendur. Para pemalas berada di minoritas, dan mereka dikelilingi oleh orang-orang berprestasi tinggi.

Untuk 20%, hanya ada dua opsi untuk mereka. Mereka tidak dapat terus mengeluarkan pekerjaan biasa-biasa saja karena 80% tidak akan menerimanya. Mereka akan terpengaruh untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik, atau mereka akan berhenti karena mereka tidak mau mengikuti. Pada akhirnya, 100% dari pekerja yang tersisa akan sangat termotivasi.

Jika kita beralih persentase berprestasi tinggi dan pekerja yang tidak termotivasi, akan ada hasil yang berbeda. Jika 80% pekerja memiliki tingkat motivasi yang rendah dan 20% sangat termotivasi, output tim akan berkualitas rendah. Orang-orang berprestasi tinggi akan menurunkan standar mereka sendiri, atau mereka akan menjadi muak dengan pendekatan kurang ajar anggota tim mereka. Pada akhirnya, semua anggota tim yang tersisa akan menunjukkan kinerja kerja yang tidak terinspirasi.


4. Anda akan melakukan lebih dari yang Anda pikir bisa Anda lakukan.

Ketika Anda dikelilingi oleh orang-orang dengan standar rendah, Anda mungkin merasa seperti Anda tidak perlu melakukan pekerjaan ekstra. Anda mungkin menganggap diri Anda cukup baik karena Anda tidak membandingkan pekerjaan Anda dengan orang-orang yang bertujuan untuk perbaikan terus-menerus.

Ini berarti bahwa meskipun Anda mungkin melakukan lebih baik daripada rata-rata orang dalam kelompok sebaya Anda, Anda bahkan belum menggaruk permukaan potensi penuh Anda. Orang-orang yang sangat termotivasi terus-menerus berjuang untuk perbaikan, dan ketika Anda menghabiskan waktu bersama mereka, Anda menyadari bahwa Anda memiliki banyak pertumbuhan untuk dilakukan juga. Anda akan membuat lebih banyak terobosan daripada yang Anda kira mungkin karena Anda mendorong diri sendiri.


5. Ketika Anda mengendalikan lingkungan Anda, Anda mengendalikan hidup Anda.

Kehidupan yang memuaskan tidak hanya terjadi melalui keberuntungan. Jika itu benar, maka orang-orang yang memenangkan lotere akan dijamin kebahagiaan. Bahkan, kebanyakan orang yang memukul jackpot akhirnya sengsara karena meskipun mereka memperoleh rejeki nomplok uang tunai, mereka tidak dapat mengendalikan orang-orang dan keadaan di sekitar mereka.

Kebiasaan yang Anda lakukan setiap hari dapat memiliki dampak positif yang lebih besar pada hidup Anda daripada mendapatkan sejumlah besar uang. Ketika Anda mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang membantu Anda tumbuh, Anda akan membuat keuntungan yang lebih besar. Rekan-rekan yang memperkaya hidup Anda dengan kehadiran dan tindakan mereka dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Salah satu teman saya adalah seniman berbakat. Dia bisa mengambil apa yang orang lain anggap sebagai sampah dan mengubahnya menjadi patung yang fantastis. Dia berasal dari keluarga yang tidak mendukung bakatnya. Dia tidak menginginkan apa pun dalam hal makanan, pakaian, dan tempat tinggal, tetapi dia benar-benar sengsara.

Teman saya hampir menyerah pada mimpinya sampai dia bertemu dengan seniman lain di perguruan tinggi. Dia dikelilingi oleh para profesor dan mahasiswa yang percaya pada kekuatan transformatif seni. Dia mulai berlatih kerajinannya setiap hari, dan hari ini dia mencari nafkah dari pekerjaannya.

Bagi teman saya, kehidupan keluarganya beracun. Meskipun dia memenuhi semua kebutuhannya, dia tidak berkembang sampai dia dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki harapan tinggi padanya.


6. Temukan Teman yang Berjuang untuk Keunggulan

Jika Anda merasa bahwa Anda terjebak, carilah orang-orang yang memiliki harapan tinggi. Perhatikan rekan kerja yang hanya puas dengan mengubah pekerjaan terbaik, dan teman yang tampaknya memiliki arah yang jelas dalam hidupnya.

Terhubung dengan orang-orang yang memiliki standar ketat untuk diri mereka sendiri dan orang lain. Bicaralah dengan mereka untuk mencari tahu bagaimana mereka mencapai tingkat keberhasilan mereka. Mungkin mereka memiliki filosofi atau pola pikir yang dapat Anda adopsi untuk memperbaiki diri.

Ketika Anda berbicara dengan orang-orang ini, cobalah untuk mempelajari perspektif mereka tentang pekerjaan, hubungan, dan kehidupan. Menganalisis mengapa mereka berpikir seperti yang mereka pikirkan. Ketika hubungan Anda berkembang, Anda dapat berbagi perspektif Anda dan mencari umpan balik dari mereka.

Ketika Anda mendiskusikan kehidupan dan bekerja dengan mereka, pikirkan aspek apa dari pendekatan mereka yang ingin Anda masukkan ke dalam hidup Anda. Jika beberapa pola pikir atau tindakan telah mendorong mereka untuk menjadi sukses, cobalah untuk meniru itu. Meniru perilaku positif dapat mengubah sikap Anda. Ini seperti memaksa diri Anda untuk tersenyum untuk menginduksi kebahagiaan atau memukul pose kekuatan untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Ini tidak sama dengan menyalin secara membabi buta apa pun yang dilakukan orang lain untuk menjadi sukses. Ini adalah tentang menganalisis dengan serius keberhasilan orang lain dan menemukan apa yang berhasil untuk Anda.


7. Setiap Hubungan Harus Mendorong Anda untuk Menjadi Versi Terbaik dari Diri Anda

Sangat penting untuk menjaga standar yang tinggi dalam semua aspek kehidupan Anda. Carilah rekan kerja, teman, dan bahkan pasangan romantis yang dapat membantu mengeluarkan kemampuan versi terbaik dalam diri Anda.

Dengan menghilangkan toksisitas dari hidup Anda dan mencari orang-orang yang akan menerima tidak kurang dari keunggulan dari Anda, Anda mengatur diri untuk mencapai impian Anda.


Referensi,

1. The Equality of Opportunity Project: The Geography of Upward Mobility in America

2. Time: Powerball: Here’s How Winning the Lottery Makes You Miserable