Hidup seperti roller coaster yang belum pasti. Anda dapat memilih untuk menerimanya dan menikmati perjalanan dengan gembira belajar dari pengalaman Anda di sepanjang perjalanan hidup ini. Atau Anda dapat memilih untuk memberontak melawan semua tantangan hidup, membenci setiap momen perjalanan Anda. 

Yang terakhir merampas pertumbuhan atau perkembangan Anda, sementara yang pertama memberi Anda kesempatan untuk belajar dari tantangan itu dan menjadi orang yang lebih baik karena telah mengalaminya. 

Di mana pun Anda berada, selalu ada ruang untuk perbaikan. Bahkan seorang ulama besarpun berusaha setiap hari untuk meningkatkan dirinya, berusaha selalu untuk menjadi orang yang lebih baik.

Tantangan dalam hidup adalah pemberian, masing-masing adalah kesempatan untuk pertumbuhan pribadi dan perbaikan diri. Pada akhirnya, tujuannya adalah untuk menggunakan apa yang Anda pelajari saat Anda tumbuh menjadi versi terbaik dari diri Anda.

Berikut adalah "6 tantangan dalam hidup" yang harus Anda atasi dalam proses Anda untuk menjadi orang yang lebih baik,


1. Kehilangan

Apakah Anda kehilangan pekerjaan, kesempatan, atau hubungan Anda? Saya mengerti, kehilangan adalah bagian tak terelakkan dari kehidupan.

Terlepas dari bagaimana itu terjadi, kehilangan adalah salah satu tantangan terbesar dalam hidup. Itu bisa terasa tiba-tiba dan mengganggu. Namun, kehilangan memberi Anda kesempatan untuk merenungkan apa yang benar-benar penting agar Anda terus melangkah maju.

Kehilangan memaksa Anda untuk bertanya pada diri sendiri, Apa sesuatu yang berharga hilang bagi saya? dan Apa yang bersedia saya lakukan untuk mendapatkan apa yang saya inginkan?

Memilih untuk memeriksa kehilangan Anda melalui lensa pertanyaan-pertanyaan ini menyebabkan Anda menilai nilai sebenarnya dari apa yang hilang, serta mengapa Anda menghargainya. 

Memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang Anda hargai dan mengapa Anda menghargainya adalah kunci untuk menjadi orang yang lebih baik karena memberikan integritas kata-kata & tindakan Anda.


2. Kegagalan

Tidak ada satu orang pun yang hidup yang tidak pernah mengalami kegagalan. Untuk tumbuh terkadang Anda harus merasakan kegagalan terlebih dahulu. Kegagalan menawarkan pos pemeriksaan alami dalam perjalanan Anda yang memungkinkan Anda mengevaluasi pilihan perilaku terkini sehingga Anda dapat melakukan perbaikan. 

Ketika Anda gagal, Anda mendapat kesempatan untuk meninjau kembali keputusan dan perilaku Anda seperti seorang atlet meninjau rekaman yang direkam di antara pertandingan.

Meninjau keputusan dan tindakan yang membuat Anda gagal adalah latihan yang sangat berharga. Memahami bagaimana keputusan yang Anda buat mengarah pada perilaku dan tindakan tertentu dapat mencegah Anda melakukan kesalahan yang sama lagi. 

Tinjauan semacam itu juga dapat mengungkapkan detail penting yang Anda lewatkan pertama kali yang memungkinkan Anda mengambil pendekatan yang lebih baik dan lebih terinformasi di masa depan.

Pengalaman dari kegagalan menyebabkan Anda mengembangkan rasa kasih sayang, empati dan simpati. Pengalaman Anda memberi Anda titik kesamaan dengan siapa pun yang memiliki pengalaman serupa. Ketiga emosi tersebut adalah alat penting dalam perjalanan Anda untuk menjadi orang yang lebih baik karena membuat orang lain merasa aman dan terlihat di sekitar Anda.


3. Kemunduran

Kemunduran selalu hadir dalam perjalanan kita untuk menjadi orang yang lebih baik. Kita semua pernah mengalami lambat dalam kemajuan, hambatan atau keterlambatan dalam perjalanan kita. Tantangannya adalah memahami mengapa penundaan itu terjadi. Apa yang menyebabkan kemajuan kita melambat atau mendatar?

Anda secara intelektual dapat mengetahui semua hal yang benar untuk dilakukan atau dikatakan, tetapi ada saat-saat ketika kemanusiaan Anda mendapatkan yang terbaik dari Anda. Terlepas dari upaya terbaik Anda untuk menjadi orang yang lebih baik, Anda tiba-tiba melakukan atau mengatakan sesuatu yang Anda sesali. 

Mungkin Anda bereaksi dengan cara yang negatif atau tidak sejalan dengan keinginan Anda untuk menjadi orang yang lebih baik. TIDAK MASALAH!

Kemunduran adalah kesempatan belajar. Memiliki pemahaman yang kuat tentang jenis hal yang memperlambat kemajuan Anda akan memungkinkan Anda untuk menghindari dan mendahuluinya.

Ketangguhan adalah salah satu efek samping positif dari mengatasi kemunduran. Perjalanan untuk menjadi orang yang lebih baik mengharuskan Anda memiliki mental yang tangguh. Kemunduran adalah cara organik untuk membangun ketangguhan mental sambil tetap mempertahankan integritas dalam tindakan Anda, dan rasa kesadaran emosional yang mempromosikan lingkungan yang aman di mana orang lain merasa terlihat.


4. Membangun Keyakinam Anda

Membedakan yang benar dari yang salah untuk diri sendiri adalah tantangan hidup yang selalu ada. Anda mungkin setuju dengan satu ideologi hari ini, dan yang lain besok. Mengubah pikiran Anda adalah hak Anda, dan memutuskan di mana Anda berdiri adalah tanggung jawab Anda. Kedua berjalan beriringan.

Memutuskan apa yang Anda yakini penting di jalan Anda untuk menjadi orang yang lebih baik. Perbaikan diri berlabuh dalam perasaan pribadi Anda tentang benar dan salah.

Kebanyakan orang bertindak sesuai dengan nilai dan keyakinan mereka. Memberi diri Anda izin untuk tumbuh sebagai pribadi berarti meluangkan waktu untuk memeriksa kembali keduanya. Ada kemungkinan Anda akan menemukan bahwa nilai dan keyakinan Anda tidak lagi sejalan dengan tujuan akhir Anda. Kemampuan untuk mengoreksi diri akan membantu Anda dalam perjalanan Anda.


5. Kuasai Pikiran Anda

Pikiran Anda bisa menjadi lawan yang tangguh di perjalanan Anda untuk menjadi orang yang lebih baik. Hal ini dapat berkembang dengan segala macam komentar negatif ketika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik, dan dapat memiliki kekuatan untuk menggelincirkan Anda dengan keraguan dan ketakutan. Jika Anda membiarkannya menguasai pikiran Anda adalah salah satu tantangan hidup terbesar dari semuanya.

Pikiran Anda mengendalikan perspektif Anda, itu menginformasikan bagaimana Anda menerima dan memproses interaksi Anda dengan dunia di sekitar Anda. Tidak seperti hal-hal lain yang dapat Anda klaim penguasaannya setelah waktu yang terbatas, pikiran dapat membutuhkan waktu seumur hidup untuk dikuasai. Tantangannya adalah muncul keinginan untuk melakukan pekerjaan menguasai pikiran setiap hari, sambil memiliki kesadaran penuh akan sifat tak terbatas dari pekerjaan ini.

Ke mana pun Anda pergi, di sanalah Anda. Sehingga tidak mungkin untuk bersembunyi dari diri sendiri. Jika pikiran Anda sulit diatur dan tidak baik, maka akan sulit bagi Anda untuk menjadi orang yang lebih baik, terutama karena Anda tidak menjadi lebih baik untuk diri sendiri.

Untungnya, ada banyak cara untuk memulai pekerjaan menguasai pikiran Anda. Kuncinya adalah menciptakan ruang bagi Anda untuk bersama diri sendiri dengan cara yang sehat yang mendorong pertumbuhan. Beberapa metode umum untuk memfasilitasi waktu pribadi yang terfokus adalah terapi, meditasi , refleksi diri , doa, jurnal dan berada di alam.


6. Mengatasi Kisah Anda

Setiap orang pernah menjadi anak-anak. Ada hal-hal yang Anda alami yang berada di luar kendali Anda, terlepas dari tingkat keparahannya, pengalaman itu tetap bersama Anda. Pengalaman-pengalaman itu menjadi bagian dari cerita Anda. Mengatasi cerita yang Anda ceritakan pada diri sendiri tentang pengalaman Anda sendiri bisa menjadi tantangan hidup yang cukup besar.

Apakah Anda tumbuh miskin, tidak memiliki banyak cinta di rumah Anda, atau tidak merasa terlihat, itu memengaruhi cara Anda menjalani dunia. Ada fakta dari pengalaman ini dan ada tepi kabur di mana pikiran kita mengisi kekosongan.

Misalnya, jika Anda mengatakan Saya tumbuh miskin dan saya akan selalu miskin, itu adalah contoh cerita Anda mengambil kendali.

Relatif, jika Anda mengatakan jika saya tumbuh miskin, tetapi saya bekerja keras sekarang. Saya melakukan apa pun yang saya bisa untuk memastikan saya memiliki semua hal yang saya butuhkan dan merasa nyaman meskipun sulit, itu masih merupakan contoh mengatasi cerita Anda.

Saya dibesarkan di sebuah apartemen, khawatir tentang uang, dengan perasaan tidak berharga karena apa yang saya lihat di sekitar saya. Saya pikir berjuang itu normal dan bertahan hidup adalah mode default karena itu menjadi bagian dari cerita saya. 

Namun sebagai orang dewasa, saya harus membuat pilihan, apakah saya membiarkan pengalaman masa lalu membentuk narasi saya saat ini atau saya fokus pada keadaan saat ini sebagai cerminan dari realitas saya saat ini.

Meskipun pilihannya mungkin jelas, tindakan yang diperlukan untuk mengubah narasi itu menantang. Itu membutuhkan kesengajaan dan kesadaran diri . Anda harus rela melepaskan cerita yang tidak melayani Anda lagi, demi menjelajahi momen saat ini sepenuhnya. Membawa basi, narasi negatif menghambat kemampuan Anda terlibat dalam refleksi diri positif yang merupakan batu penjuru pertumbuhan pribadi.

Ketika Anda telah mengesampingkan cerita Anda demi merangkul masa kini, Anda mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama. Mengatasi cerita Anda memberdayakan Anda untuk merangkul momen ini sebagai kesempatan untuk menulis cerita baru, cerita yang Anda kendalikan. Di jalan untuk menjadi orang yang lebih baik, berfokus pada apa yang dapat Anda kendalikan dan melepaskan apa yang tidak dapat Anda kendalikan sjuga angat penting.


Kesimpulan

Tantangan dalam hidup ini biasa terjadi. Tidak peduli siapa Anda, atau di mana Anda berada, jika tujuan Anda adalah menjadi orang yang lebih baik, Anda akan menghadapi 6 tantangan ini dalam beberapa bentuk atau cara.

Untungnya, Anda sekarang siap untuk mengatasinya dengan anggun dan strategi. Saat Anda melanjutkan perjalanan Anda untuk menjadi orang yang lebih baik, ingatlah untuk melepaskan hal-hal yang tidak dapat Anda kendalikan sebagai ganti kehadiran Anda saat ini. 

Ciptakan ruang untuk refleksi diri yang sehat, beri diri Anda izin untuk memeriksa kembali nilai dan keyakinan Anda, rangkul ketahanan yang datang dari menghadapi kemunduran, biarkan kegagalan Anda menjadi sumber resonansi penuh kasih, dan biarkan kehilangan mengajari Anda tentang apa yang Anda hargai.

Sekarang setelah Anda tahu apa yang harus Anda atasi, keluarlah dan capai puncak-puncak itu, kehidupan menunggu Anda di sisi lain.


Baca juga artikel dari blog ini yang berjudul, "7 Alasan Setelah Mengapa Mengalami Kesedihan Membuat Anda Menjadi Pribadi yang Lebih Baik", ini semoga dapat memberikan manfaat positif untuk Anda.



Ilustrasi Photo by instagram Idoratheexplorer