Kesedihan datang dalam berbagai bentuk tidak hanya dalam kematian, tetapi juga dapat hadir melalui kehilangan yang signifikan dari suatu hubungan, pernikahan atau pekerjaan. Ketika Anda menderita karena kesedihan Anda saat ini, Anda merasa seperti hidup di alam semesta yang lain. Ini cukup mengerikan.

Kesedihan itu bisa membuat Anda hampir tidak bersemangat dan meringkuk di sofa karena kaget. Anda bergerak maju karena Anda harus melakukannya, itu adalah lingkaran kehidupan. 

Orang-orang mencoba untuk bersikap baik dan memberi tahu Anda bahwa seiring berjalannya waktu, segalanya akan menjadi lebih mudah, dan memang demikian sampai batas tertentu, tetapi Anda tidak akan pernah menjadi orang yang sama seperti sebelumnya. 

Realitas dan dunia Anda telah diubah dan Anda harus belajar untuk hidup di dunia baru ini, tanpa orang yang dicintai, hubungan yang signifikan, atau pekerjaan Anda sebelumnya.

Ketika saya melihat kembali kehidupan saya dan bagaimana saya menghadapi kesedihan sebelumnya, saya menyadari bahwa saya telah berubah secara signifikan dengan cara yang tidak akan pernah saya harapkan atau alami, seandainya saya tidak mengalami kehilangan seperti itu. 

Saya terkejut dengan pelajaran hidup yang saya pelajari dalam waktu sesingkat itu. Melalui kesedihan saya telah belajar untuk melihat kehidupan secara berbeda. Inilah mengapa mengalami kesedihan mengubah hidup Anda dan membuat Anda menjadi orang yang lebih baik lagi.

Artikel yang berjudul, "7 Alasan Setelah Mengapa Mengalami Kesedihan Membuat Anda Menjadi Pribadi yang Lebih Baik", ini semoga dapat memberikan manfaat positif untuk Anda.


1. Hubungan Anda menjadi lebih kuat

Ketika kesedihan melanda, Anda benar-benar mengetahui siapa teman/keluarga Anda yang sebenarnya. Saya selalu mendengar orang mengatakan ini kepada saya, tetapi tidak pernah berpikir banyak tentang hal itu. 

Ketika masa-masa sulit datang, kesedihan memberitahu Anda, siapa yang ada untuk Anda dan siapa yang tidak. Ini dapat memiliki efek kesedihan lebih lanjut pada Anda melalui kehilangan teman yang Anda pikir akan ada untuk membantu mendukung Anda. 

Anda sekarang melihat hubungan Anda dalam cahaya sejati mereka. Jika Anda tidak menyadarinya sebelumnya, Anda sekarang menyadari betapa hebatnya orang-orang yang Anda miliki di sekitar Anda saat ini. 

Setiap hubungan yang Anda miliki menjadi lebih penting dan berharga. Itu mengubah cara Anda dan membuat Anda ingin menjadi orang yang lebih berinvestasi, penuh perhatian, dan memberi dalam hubungan.


2. Anda Menjadi Peduli Keuangan Anda

Setelah melalui pengesahan hakim setelah kematian, atau bahkan melalui situasi perceraian di mana keuangan dibagi, Anda belajar betapa pentingnya mengelola uang. Anda mendapati diri Anda melunasi utang lebih cepat, ingin mencegah konsekuensi negatif jika sesuatu terjadi pada Anda.

Anda mengelola anggaran Anda, menyadari bahwa rekening tabungan Anda perlu dipompa jika terjadi keadaan darurat, dan Anda harus menjadi lebih cerdas secara finansial dari sebelumnya. Kesedihan mengajarkan Anda bahwa masalah keuangan tidak berhenti setelah kematian, perceraian, kerusakan hubungan, atau kehilangan karier, dan penting untuk menempatkan diri Anda dalam posisi keuangan yang baik jika terjadi sesuatu yang tidak terduga.


3. Anda Menjadi Lebih Peduli Kesehatan

Sebelum saya melalui pengalaman kesedihan saya, saya pikir saya setinggi 10 kaki dan sangat kuat. 

Hidup itu luar biasa. Ya, saya memiliki berat badan ekstra, ya, saya perlu pemeriksaan gigi, dan ya saya pasti harus berolahraga lebih banyak. Tapi hei, saya akan mengatasinya kan?

Menyaksikan orang yang dicintai berlalu dan pergi meninggal kan Anda sangat memberikan luka dan kesedihan dalam diri Anda dan dampaknya memberikan efek kesehatan yang memburuk yang mungkin disebabkan karena Anda masih belum Move On dan banyak memikirkan hal tersebut sehingga membuat Anda menyadari pentingnya menjaga kesehatan Anda sendiri.

Kesedihan menendang pantat saya dengan keras, dan saya mendapati diri saya menghabiskan lebih banyak waktu untuk melakukan hoby saya seperti rutinitas berolahraga, mengkonsumsi makanan yang sehat dan melakukan pemeriksaan rutin ke dokter untuk menjaga semuanya tetap terkendali. Kebutuhan untuk fokus menjadi lebih sehat sangatlah penting, itu mengubah cara Anda berpikir, merasakan, dan memperlakukan serta memperdulikan kesehaatan tubuh Anda.


4. Anda Menjadi Lebih Spiritual

Ketika Anda dihadapkan dengan kesedihan, Anda cenderung lebih melihat ke dalam diri sendiri atau bisa disebut mulai instropeksi diri Anda sendiri untuk mencari jawaban. Ketika kita tidak dapat menemukan jawaban itu, kita mencari kekuatan kita yang lebih tinggi untuk kenyamanan dan penghiburan. 

Anda mengevaluasi kembali nilai dan tanggung jawab Anda. Anda bermeditasi, Anda berdoa, Anda mencari ketenangan dan kesejukan. Anda menjadi lebih berhubungan dengan sisi spiritual Anda dan memasukkannya lebih banyak ke dalam kehidupan sehari-hari Anda.


5. Hal-Hal Kecil Tidak Mengganggu Anda lagi

Ini sebenarnya anugerah bagi saya. Saya seorang yang mudah khawatir. Kekhawatiran Saya biasanya terpaku pada hal-hal kecil, terus-menerus mengkhawatirkan hal - hal kecil. Ketika Anda kehilangan seseorang yang berarti dalam hidup Anda, Anda menyadari bahwa satu-satunya hal yang benar-benar penting adalah hubungan yang Anda jalin dengan orang lain. 


6. Anda Memiliki Banyak Kenangan

Duduk, melihat seseorang lewat atau berjalan keluar pintu dan meninggalkan Anda, membuat Anda hanya memiliki satu hal untuk digantung atau hanya sebatas kenangan. Kenangan adalah bagian penting dari kesedihan. Mereka memungkinkan kita untuk menjaga orang yang kita cintai tetap hidup dalam pikiran dan hati kita. 

Pada waktunya Anda dapat duduk dan mengingat semua saat-saat indah, momen lucu, dan kehidupan yang Anda bagikan bersama. Oleh karena itu, Anda menyadari pentingnya menciptakan lebih banyak kenangan, bekerja lebih sedikit dan lebih banyak berlibur, pengalaman hidup, dan menghabiskan lebih banyak waktu bersama orang-orang yang Anda cintai. Membuat kenangan menjadi prioritas yang sangat tinggi dan salah satu yang akan mengubah hidup Anda secara signifikan.


7. Anda Lebih Mencintai Sepenuhnya

Pentingnya kehilangan yang Anda rasakan melalui kesedihan akan membuatnya mengerti jika Anda tidak pernah ingin mencintai lagi. 

Mengapa mencintai ketika Anda akan kehilangan pada akhirnya? 

Ini menunjukkan Anda cukup cepat bahwa cinta Anda untuk orang-orang bernilai setiap detik, sehingga Anda cenderung mencintai lebih lengkap, lebih bebas dan dalam. Kesedihan lahir dari cinta, dan mencintai seseorang sedemikian rupa sehingga Anda diliputi kesedihan hanyalah bukti cinta yang Anda rasakan untuk mereka. 

Anda menemukan diri Anda menunjukkan lebih banyak cinta, dan jatuh cinta sedikit lebih mudah, karena Anda tahu sekarang betapa berharganya perasaan Anda.

Saya tahu dari pengalaman betapa sulitnya mengarungi proses kesedihan. Kerinduan orang atau situasi untuk kembali, kesedihan, pertanyaan yang belum terjawab, perasaan 'beberapa hari lebih baik daripada yang lain', dan nasihat orang-orang yang mencoba menghibur Anda tanpa mengalami situasi itu sendiri. 

Saya tidak akan memberi tahu Anda bahwa itu menjadi lebih baik seiring berjalannya waktu, tetapi apa yang akan saya katakan kepada Anda adalah bahwa kesedihan akan mengubah Anda. Anda melihat kehidupan dalam cahaya baru, Anda lebih menghargainya, dan menjadi orang yang lebih baik karenanya. Saya yakin Anda akan lebih banyak mendapatkan pengalaman dan pelajaran berharga dari kehidupan masa lalu Anda yang menyedihkan itu.


Baca juga Artikel yang berjudul, "Putus Cinta? Inilah Cara Melupakan Seseorang yang Sangat Anda Cintai". semoga dapat memberikan manfaat positif untuk Anda.



Ilustrasi Photo by instagram ben_yanes