Tidak peduli siapa Anda, Anda akan memiliki saat-saat di mana Anda merasa seperti tidak memiliki motivasi untuk melakukan apa pun. Bahkan orang-orang yang sangat efektif dan sukses pun akan mengalami saat-saat ketika mereka merasa kekurangan motivasi. Namun, cara mereka menghadapi waktu senggang inilah yang membuat mereka terus maju dan membantu mereka mencapai hal-hal hebat.

Motivasi adalah salah satu kunci yang akan mendorong Anda untuk mengambil tindakan dan membuat Anda terus bergerak setiap hari. Jika Anda mendapati diri Anda mengatakan bahwa saya tidak memiliki motivasi, Anda akan cenderung menunda-nunda banyak hal yang seharusnya dapat Anda selesaikan. Akhirnya, Anda akan menunda dan menyerah pada proyek atau tugas Anda tersebut.

Inilah yang terjadi pada kebanyakan orang di luar sana. Mereka mengatakan ingin menjadi kaya dengan berinvestasi atau menjalankan bisnis mereka sendiri di Internet. 

Namun, setiap kali mereka akan mempelajari laporan perusahaan atau membangun situs web mereka atau menulis rencana tindakan, mereka tidak dapat termotivasi untuk bekerja. Di sinilah kebanyakan orang mulai menyerah karena telah kehilangan motivasi.


Untungnya, ada solusi untuk ini. Berikut adalah 7 tips hebat untuk dicoba ketika Anda yang kehilangan motivasi.


1. Pikirkan Tujuan Mengapa Anda Ingin Melakukannya

Jika Anda merasa kurang motivasi saat ingin mengetik artikel, coba pikirkan dulu mengapa Anda ingin melakukannya. Alasan Anda melakukan sesuatu adalah kekuatan pendorong di balik semua yang Anda lakukan. Hanya ketika alasan Anda cukup kuat dan emosional itulah Anda akan melakukan apa pun untuk menyeleseikannya.

Ketika Anda merasa tidak ada motivasi sama sekali, itu karena alasan di balik apa yang Anda lakukan tidak cukup kuat. Pikirkan tentang ini, Mengapa orang berhenti merokok? Sebagian besar waktu, orang berhenti merokok karena mereka memiliki alasan yang kuat, jika mereka terus merokok, mereka mungkin menderita masalah kesehatan yang serius atau kehilangan orang yang mereka cintai.

Jadi mengapa Anda melakukan apa yang Anda lakukan? Tahukah Anda mengapa Anda ingin mencapai tujuan dan target Anda? Pastikan alasan Anda kuat dan emosional. Ketika Anda tidak memiliki motivasi, pikirkan tujuan mengapa Anda ingin melakukannya.


2. Bayangkan Kesuksesan Jika Anda Melakukannya dan Rasakan Penyesalan Jika Tidak

Visualisasi adalah alat yang sangat kuat yang tersedia untuk kita dan tentunya gratis. Anda dapat berpikir dan membayangkan apa pun yang Anda inginkan, di mana pun dan kapan pun Anda mau.

Jika menurut Anda visualisasi itu tidak berhasil, coba bayangkan dengan jelas bahwa Anda berjalan ke dapur, membuka pintu lemari es, melihat lemon kuning besar, dan mengeluarkannya. Setelah itu Anda mengambil pisau dan memotong lemon kuning besar menjadi dua.

Bayangkan ini dengan jelas dan sedetail mungkin. Setelah Anda memotong lemon, ambil setengahnya dan peras lemon sehingga jusnya jatuh ke mulut Anda. Rasakan tekanan tangan Anda, dengarkan bunyinya saat diperas, dan bayangkan jus lemon yang asam masuk ke mulut Anda. Sekarang, apakah Anda merasakan lebih banyak air liur di mulut Anda atau tidak sama sekali?

Kemungkinannya adalah, jika Anda mengikuti dan memvisualisasikannya dengan jelas, Anda akan memiliki lebih banyak air liur di mulut Anda. Hal ini karena Pikiranmu tidak bisa membedakan antara apa yang nyata dan apa yang dibayangkan .

Inilah yang membuat visualisasi menjadi alat yang sangat kuat. Pikirkanlah, jika impian Anda adalah mengendarai Lamborghini, bayangkan gambaran yang jelas tentang Anda mengemudi. Bayangkan model yang Anda inginkan, warna, bau jok, rasakan kemudi, dan dengar suara deru mesin. Apakah Anda pikir pikiran Anda pada akhirnya akan menjadikannya nyata suatu hari nanti?

Intinya adalah ketika Anda membayangkan dan memvisualisasikan hal-hal dalam pikiran Anda, Anda akan merasa lebih termotivasi untuk melakukannya. Saat anda memimpikan mobil yang anda inginkan, anda akan menciptakan motivasi dari dalam. Coba lakukan ini ketika Anda merasa ingin menunda-nunda dan tidak memiliki motivasi sama sekali.


3. Ciptakan Lingkungan Yang Positif dan Mendukung

Tahukah Anda bahwa lingkungan Anda dapat memengaruhi suasana hati Anda?

Anda akan menjadi orang-orang di sekitar Anda. Jika Anda selalu dikelilingi oleh orang-orang sukses yang berbicara tentang pertumbuhan dan pembelajaran mereka, Anda juga akan belajar dan bergabung dalam percakapan. Ini adalah bagaimana Anda dapat mengatasi kurangnya motivasi dan menggunakan lingkungan Anda untuk meningkatkan tingkat energi Anda.

Sebaliknya, jika Anda dikelilingi oleh orang-orang negatif yang selalu bergosip dan membicarakan orang lain, Anda akan merasa negatif dan tidak memiliki motivasi untuk bekerja juga.

Pastikan ruang kerja Anda adalah lingkungan yang baik dan mendukung, sehingga Anda akan ingin bangun setiap pagi dan pergi bekerja.

Ingat, lingkungan Anda penting dan dapat memengaruhi Anda. Ubah lingkungan Anda alih-alih membiarkannya mengatur Anda.


4. Ubah Fisiologi Anda dan Tetap Beraksi

Gerak menciptakan emosi. Kapan pun Anda merasa sedih dan tidak memiliki motivasi untuk melakukan pekerjaan Anda, ubahlah fisiologi Anda. Cobalah latihan ini,

Cobalah untuk merasa sedih dengan memikirkan semua hal menyedihkan yang telah terjadi pada Anda, dan perhatikan fisiologi Anda. Perhatikan napas Anda, bahu Anda, dan ekspresi wajah Anda. Di mana tangan Anda, dan apakah Anda melihat ke atas atau ke bawah?

Ketika Anda berada dalam keadaan sedih, fisiologi Anda akan berubah untuk mencerminkannya dalam jangka pendek, mempengaruhi tingkat motivasi Anda. Sebaliknya, jika Anda merasa baik dan energik, fisiologi Anda akan mencerminkan hal itu. 

Bagi kebanyakan orang, ketika mereka merasa hebat dan termotivasi, pernapasan mereka akan lebih cepat, gerakan tangan mereka akan aktif, mereka berbicara lebih cepat, dan mata mereka melihat ke depan.

Inilah sebabnya mengapa seringkali mudah untuk mengetahui apakah seseorang sedang kesal atau bahagia hanya dengan melihat bahasa tubuhnya. Ketika Anda mengubah fisiologi Anda, Anda mengubah keadaan emosional Anda, demikian juga.


5. Biarkan Orang Lain Memotivasi Anda

Membaca buku, mendengarkan musik, atau menonton sesuatu yang menginspirasi dapat membantu ketika Anda tidak memiliki motivasi. Yang dapat Anda lakukan adalah menghabiskan minimal 30 menit setiap hari membaca buku yang menginspirasi sebelum Anda memulai hari Anda. Dengan cara ini, Anda akan memastikan bahwa Anda memulai dengan pikiran yang benar dan mampu menjalani hari, bahkan jika Anda menghadapi tantangan.

Video dan audio juga bisa sangat membantu Anda menemukan motivasi. Misalnya, ketika Anda sedang down dan merasa tidak ada motivasi, habiskan waktu untuk menonton sesuatu yang menginspirasi di YouTube atau mendengarkan vlog motivasi. Anda akan bersemangat dalam waktu singkat dan siap untuk pergi dan melakukan.


6. Bermimpi Besar, Mulai Langkah Kecil dan Bertindak Sekarang

Ini adalah prinsip yang sangat kuat jika Anda berjuang dengan motivasi dan merasa kewalahan. Ketika Anda bermimpi, Anda harus bermimpi besar agar impian Anda dapat menginspirasi Anda. Namun, ketika Anda memulai, Anda harus memulai dari yang kecil karena Anda ingin menjadikannya kebiasaan sehingga Anda akan secara otomatis mengambil tindakan secara konsisten setiap hari.

Ketika motivasi Anda hilang, mulai dari yang kecil. Anda ingin membangun momentum dari sana. Begitu Anda mulai mengambil tindakan, motivasi akan datang, dan Anda akan dapat terus berbuat lebih banyak.

Ambil langkah kecil, dan secara bertahap meningkat dari sana. Misalnya, jika Anda ingin berolahraga dan berolahraga lima hari dalam seminggu, cobalah untuk menjadwalkannya dan mulai dari yang kecil. Bahkan jika itu hanya lima menit sehari, berkomitmenlah untuk itu.

Kuncinya adalah membangun momentum dan memudahkan Anda untuk memulai. Setelah Anda menyalakan mesin, secara bertahap tingkatkan motivasi Anda.


7. Beristirahatlah Saat Dibutuhkan

Terkadang Anda hanya ingin istirahat ketika Anda tidak memiliki motivasi. Ingat, sukses bukanlah tujuan, itu adalah perjalanan yang harus Anda lalui untuk jangka waktu yang lama. Banyak orang salah mengira kesuksesan sebagai melakukan satu hal besar dan berpikir bahwa kesuksesan akan datang dalam semalam.

Namun, hampir semua orang sukses yang telah mencapai hasil luar biasa mampu melakukannya karena mereka mau bertahan cukup lama. Mereka mengambil tindakan secara konsisten dan tidak pernah menyerah. Kesuksesan sejati membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dibangun.

Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup dan istirahat ketika Anda perlu. Pahami kemampuan Anda sendiri dan seberapa banyak yang dapat Anda lakukan. Jika Anda telah melakukan pekerjaan Anda, Anda dapat menghargai diri sendiri dan istirahat. Anda akan melihat bahwa setelah beristirahat, Anda akan merasa lebih energik, termotivasi, dan siap untuk menghadapi tantangan dunia lagi.


Kesimpulan

Jika Anda menemukan diri Anda bertanya, Mengapa saya tidak memiliki motivasi? mungkin sudah waktunya untuk melihat baik-baik bagaimana Anda menyelaraskan prioritas Anda dan di mana Anda dapat membuat perubahan setiap hari. Mengatasi kurangnya motivasi berarti menemukan apa yang penting setiap hari dan mengambil langkah-langkah kecil ke arah itu ketika energi Anda diberikan.


Baca juga Artikel di blog ini yang berjudul "Tips Menikmati Dan Menjalani Kehidupan Dengan Sepenuhnya Setiap Waktu". Semoga bermanfaat.



Ilustrasi Photo by instagram kiyoka_official


Referensi