Mungkin saat ini Anda sedang berjuang untuk menemukan hal yang sulit dipahami yaitu sebuah kebahagiaan. Hampir setiap hari, Anda merasa kewalahan, cemas, marah, depresi, atau biasa - biasa saja. Atau mungkin Anda mengalami perubahan suasana hati yang cepat.

Anda dapat mengingat saat-saat ketika Anda merasakan kebahagiaan sebelumnya di masa lalu, tetapi itu tampak jauh dan berbeda dengan keadaan hidup Anda sekarang.

Tetapi bagaimana jika saya memberi tahu Anda bahwa Anda sebenarnya dapat memilih kebahagiaan? Dan itu lebih mudah dari yang Anda pikirkan?


Saya akan menguraikan dasar-dasar bagaimana Anda dapat menjalani kehidupan yang lebih bahagia, hanya dengan mengikuti beberapa prinsip dasar. Mudah diterapkan dalam hidup Anda sendiri, yang berarti kebahagiaan sudah dekat!

Siap untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana dan mengapa kebahagiaan menjadi pilihan? Lanjutkan membaca artikel ini sampai selesei untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam.


Kebahagiaan Bukan Ide, Tetapi Pengalaman

Bagaimana Anda bisa memilih untuk bahagia ketika seseorang telah memperlakukan Anda dengan sangat buruk, ketika keadaan di luar kendali Anda membombardir Anda dengan rasa sakit?

Banyak orang merasa seperti ini.

Setiap tahun, Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan PBB merilis Laporan Kebahagiaan Dunia.

World Happiness Report (WHR) 2019 baru saja merilis laporan terbaru mereka terkait daftar negara-negara bahagia di dunia. Lagi-lagi, Finlandia menyabet gelar Negara Paling Bahagia di dunia. Diikuti 4 negara kawasan Scandinavia yang lain.

Dari 156 daftar negara yang dirilis dalam laporan tersebut, Indonesia berada di peringkat ke-92 dengan perolehan poin sebanyak 5.192. Di Asia Tenggara, Indonesia tertinggal dari Singapura, Thailand, Filipina dan Malaysia, dan berada di atas Vietnam, Kamboja, Laos dan Myanmar.

Indikasi poin kebahagiaan yang dirilis oleh WHR disusun berdasarkan beberapa faktor. Di antaranya seperti harapan hidup, dukungan sosial, serta tingkat korupsi.


Memahami Paradoks Easterlin

Orang Indonesia terus menghasilkan lebih banyak uang, namun kami tidak melaporkan peningkatan kebahagiaan. Kesenjangan antara pendapatan dan kebahagiaan ini disebut Paradoks Easterlin.

Kemungkinan Anda melihat lebih banyak uang sekarang daripada yang pernah Anda miliki dalam hidup Anda, namun Anda masih terjebak dalam paradoks, berusahalah untuk memahami mengapa Anda tidak bahagia.

Apa yang menjelaskan tentang paradoks?

Jawaban atas pertanyaan ini dapat membantu Anda memahami apa itu kebahagiaan. Memecahkan dilema ini tampaknya cukup rumit. Bagaimanapun, ini adalah paradoks. Namun jawabannya jauh lebih sederhana daripada yang Anda harapkan, yaitu "Kebahagiaan adalah pilihan".

Orang memilih banyak keyakinan, filosofi, dan agama dalam mengejar kebahagiaan. Dalam situasi apa pun, Anda dapat memilih untuk berkonsentrasi pada apa yang membuat Anda bahagia.

Anda dapat memilih untuk menerima tantangan yang paling menyiksa sebagai kesempatan untuk menjadi baik sekarang dan untuk menciptakan kebahagiaan.


Bagaimana Memilih Kebahagiaan

Kebahagiaan adalah keadaan yang dapat Anda raih, seperti ketika seorang pelari menghirup udara dengan paru-parunya. Setiap inhalasi sangat penting, dan dengan setiap inhalasi, ekspirasi harus mengikuti.

Jika kebahagiaan adalah keadaan keberadaan, maka Anda dapat mengatakan bahwa kebahagiaan hanyalah sebuah pengalaman atau hanya serangkaian pengalaman.

Amanda Pinnock adalah seorang mahasiswa di Arizona State University yang mengalami jenis kebahagiaan ini tanpa pernah mengharapkannya. Untuk mendapatkan gelarnya di bidang kesehatan global, dia perlu melakukan program studi di luar negeri, tetapi dia khawatir dia akan terputus dari grupnya sebagai siswa nontradisional yang mendapatkan gelarnya secara online.

Yang mengejutkannya, siswa lain dalam kelompoknya inklusif dan bersemangat untuk terhubung. Lalu ada penduduk lokal di Fiji, negara yang dia pilih untuk program tersebut. Mereka sepertinya benar-benar mengerti bagaimana kebahagiaan adalah sebuah pilihan. 

Menurut Amanda,

Orang Fiji mungkin adalah orang yang paling bahagia dan paling rendah hati di dunia. Mereka menyambut kami dengan tangan terbuka dan memastikan kami diberi makan dan mendapatkan akomodasi yang kami butuhkan. 

Tidak sampai saya berbicara lebih jauh dengan pemimpin kelompok dan pemandu wisata, saya menyadari bahwa mereka memberi kami lebih dari apa yang mereka miliki untuk diri mereka sendiri setiap hari.

Banyak orang Fiji tidak memiliki air yang mengalir, tetapi Amanda mencatat bahwa mereka merasa tidak kekurangan apa-apa. 

Dia berkata,

Mereka hidup dari bumi dan mereka semua saling membantu. Mereka mungkin tidak memiliki uang sebanyak rata-rata orang Amerika, tetapi mereka kaya dalam hidup mereka, dan saya pikir orang Amerika dapat belajar banyak dari itu. Ini benar-benar menempatkan ke dalam perspektif apa yang paling penting: keluarga, orang yang dicintai dan lingkungan.

Bagi orang-orang Fiji yang ditemui Amanda, kebahagiaan bukanlah sebuah konsep, melainkan tindakan saling mendukung.

Kebahagiaan adalah tindakan menemukan kegembiraan dalam pengalaman sehari-hari dengan orang lain.

Komunitas orang-orang yang saling memberi dan berbagi nilai kemurahan hati, nilai cinta, dan cinta yang tidak mengharapkan imbalan apa pun adalah hal yang paling bahagia.

Itu sebabnya, menurut World Happiness Report "Kedermawanan dan jaringan dukungan sosial adalah dua faktor kunci yang mengarah pada kebahagiaan".

Setiap detik Anda hidup dan sadar, Anda memiliki pilihan untuk dibuat. Amanda Pinnock memilih untuk mengalami budaya lain meskipun dia khawatir untuk menyesuaikan diri. Dia senang berbagi pengalaman dengan siswa lain dan orang-orang Fiji yang menyambut mereka.

Setiap hari Anda dapat memilih untuk mendukung orang lain, menerima dukungan mereka, untuk terlibat dalam kegiatan yang baik untuk Anda.

Semua tindakan ini akan membawa kebahagiaan. Anda dapat memilih untuk mempercayai orang lain dan melakukan hal-hal yang membantu mereka mempercayai Anda. Anda dapat memilih untuk membangun komunitas di sekitar Anda dan menjadi bagian darinya.


Berlatih Seni Mengubah Hidup 

Di Finlandia, kelaparan memusnahkan 9 persen populasi selama tahun 1860-an, hampir tidak ada peristiwa yang akan menghasilkan kebahagiaan. Finlandia telah membuat titik pemulihan dengan menganut filosofi yang disebut isi, yang merupakan nilai bersama dari ketabahan, tekad, dan tindakan rasional, bahkan ketika hidup itu menyakitkan.

Sisu juga tentang kekuatan melalui latihan yang menantang dan tidak nyaman, seperti berenang di sungai yang sedingin es, berlari maraton, atau bersepeda untuk bekerja di tengah hujan.

Menurut This Is Finland, Sisu adalah keberanian dan tekad yang luar biasa dalam menghadapi kesulitan. Sisu diwujudkan oleh orang-orang di mana pun yang menentang rintangan dan berpegang pada harapan ketika pada awalnya tampaknya tidak ada.

Sisu itu sederhana, Raih hidup, lakukan dengan keberanian, dan bangun keberanian Anda dengan terlibat di dunia dengan cara yang menantang.


Jadilah Proaktif dalam Kebahagiaan Anda

Anda bisa bahagia dengan bersikap proaktif. Orang yang memilih untuk pulih dari kecanduan, memilih untuk mengambil langkah proaktif menuju pemulihan.

Anda dapat menganggap memilih untuk bahagia sebagai pemulihan dari depresi. Ternyata, olahraga sangat bermanfaat bagi pemulihan, sebagai berikut

  1. Olahraga meniru efek obat pada otak Anda (atau lebih tepatnya, obat meniru efek olahraga) dengan melepaskan endorfin.
  2. Olahraga membantu Anda tidur lebih nyenyak dan meningkatkan perasaan sejahtera.
  3. Olahraga membantu Anda mengatasi stres, menyusun hari Anda, dan meningkatkan kebugaran fisik Anda.
  4. Ini sejalan dengan sangat baik dengan sisu, meskipun sisu meminta Anda untuk membawanya ke tingkat lain dan menantang diri sendiri di luar tingkat kenyamanan Anda.
  5. Bahkan jika Anda tidak melakukannya sejauh itu, mulailah dari yang kecil dan berolahraga secara teratur, kemudian bangun untuk tantangan yang lebih besar. Berusahalah untuk menjalin hubungan dengan orang lain berdasarkan rutinitas olahraga Anda.

Kesimpulan

Kebahagiaan adalah menemukan kegembiraan dalam pengalaman sehari-hari.

Ketika Anda memilih untuk menyertakan orang lain dalam kebahagiaan Anda, maka dengan itu muncul komunitas baik di jejaring sosial maupun pengalaman bersama.

Kebahagiaan adalah pilihan cerdas karena jauh di lubuk hati itulah yang sedang Anda perjuangkan, dan juga yang diinginkan orang lain.

Ketika kita memilih kebahagiaan bersama, kita memilih untuk saling peduli, dan seluruh dunia terbuka untuk kemungkinan yang tak terbatas.


Baca juga Artikel di blog ini yang berjudul "Tips Menikmati Dan Menjalani Kehidupan Dengan Sepenuhnya Setiap Waktu". Semoga bermanfaat.




Ilustrasi Photo by instagram kiyoka_official

Referensi
  1. Wikipedia: Easterlin's Paradox
  2. Arizona State University: Find Yourself Lost
  3. This is Finland: Sisu Begins Where Perseverance Ends