Ketika suatu hubungan berakhir, itu bisa sangat memilukan. Kita semua mengatasi perpisahan dengan cara kita masing-masing, namun beberapa orang tampaknya melupakan seseorang dapat dengan mudahnya, sementara yang lain membutuhkan waktu lebih lama. 

Jika Anda merasa Anda salah satu dari orang-orang yang membutuhkan waktu lama untuk pulih dari putus cinta, Anda tidak sendirian. 

Tidak apa-apa untuk merasa sedih dan mati rasa untuk sementara waktu, bagaimanapun itu adalah proses berduka dan perlu mulai menyembuhkan diri sendiri.

Apa pun tahap Anda, apakah Anda berada di awal atau mungkin sudah berbulan-bulan atau bertahun-tahun dan Anda masih menemukan diri Anda bersedih atas hubungan tersebut, itu semua hal yang wajar.

Ada banyak tindakan yang dapat Anda ambil yang akan membantu Anda bergerak ke arah yang positif; membiarkan diri Anda dalam proses penyembuhan, sementara pergeseran pola pikir Anda ke salah satu pemulihan dan perdamaian.

Artikel yang berjudul, "Putus Cinta? Inilah Cara Melupakan Seseorang yang Sangat Anda Cintai". semoga dapat memberikan manfaat positif untuk Anda. Ini lah beberapa cara melupakan seseorang yang sangat Anda cintai.


Ingat Tidak Ada Batasan Waktu

Hal pertama yang penting untuk diingat adalah bahwa sebenarnya tidak ada batasan waktu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melupakan seseorang yang Anda cintai. 

Anda mungkin pernah mendengar ungkapan 'Waktu adalah penyembuh' dan memang begitu tetapi hal ini juga membuat kita merasa tertekan untuk melupakan seseorang lebih cepat dari yang kita bisa. 

Kami merasa malu jika sudah berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun dan kami masih belum merasa move on. Selalu ingat bahwa tidak apa-apa karena hal tersebut merupakan hal yang wajar bagi setiap manusia. Tetap berusaha saya yakin Anda pasti bisa.

Jangan pernah menyalahkan diri sendiri tentang meluangkan waktu untuk sembuh dari sakit hati meskipun membutuhkan waktu yang lama karena sebenarnya tidak ada batasan waktu untuk hal ini..


Biarkan Diri Anda Merasakan Emosi Anda

Emosi negatif sering dibenci dan kita dibuat merasa seolah-olah merasakan perasaan sedih, marah, dan sakit hati itu sangat tidak baik untuk diri sendiri. 

Kita benar-benar harus melalui proses berduka dan itu membawa penyangkalan, kemarahan, kesalahan, depresi, keputusasaan, harapan palsu dan banyak lagi di antaranya. 

Seringkali emosi ini berputar-putar sehingga bisa terasa seolah-olah Anda sudah mengatasinya tetapi kemudian beberapa kembali lagi untuk memukul wajah Anda lagi. 

Ini mungkin terasa seperti luka yang tidak ada habisnya tetapi ingatlah untuk melakukannya, terima perasaan apa adanya agar diri Anda tidak terus menerus merasa tersakiti. Biarkan diri Anda merasakan emosi Anda.!!


Hapus Tentang Mantan Anda Dari Media Sosial dan Ponsel Anda

Di zaman sekarang ini, kita dibombardir oleh kehidupan orang lain. Melihat apa yang dilakukan mantan Anda sangat mudah dilakukan, tetapi masalahnya adalah Anda tidak memberi diri Anda ruang untuk sembuh dari patah hati. 

Jika Anda merasa sulit untuk melepaskan seseorang, maka Anda perlu mempertimbangkan untuk menghapusnya dari semua media sosial termasuk ponsel Anda. Ini mungkin terasa seperti hal terakhir yang ingin Anda lakukan, tetapi terkadang hal terbaik untuk dilakukan tidak selalu yang paling nyaman. 

Ingatlah bahwa Anda melakukan ini untuk diri sendiri dan bukan orang lain. Melihat apa yang mereka lakukan sepanjang waktu hanya membuka luka emosional berulang-ulang dan luka itu tidak akan pernah memiliki kesempatan untuk sembuh. Jadi, hapus semua tentang mantan Anda dari Media Sosial dan Ponsel Anda.


Ingatlah Untuk Mencintai Diri Sendiri

Ketika kita mengalami perpisahan yang memilukan, sangat mudah untuk menyalahkan diri sendiri dan percaya bahwa kita tidak cukup baik untuk mereka atau hubungan itu. 

Bahkan orang yang paling percaya diri pun bisa mendapatkan serangan masalah ketidaklayakan jadi jangan hanya menyalahkan diri sendiri. 

Namun, penting untuk diingat bahwa nilai Anda tidak terikat pada mereka. Anda adalah diri Anda sendiri. Sebanyak yang Anda pikirkan, identitas Anda tidak terikat pada hubungan yang Anda miliki. 

Mengingat untuk mencintai diri sendiri mungkin adalah hal terpenting yang dapat Anda lakukan setelah putus cinta. Tetaplah cintai dan sayangi diri Anda.


Tuliskan Bagaimana Perasaan Anda

Ada kekuatan luar biasa dalam menuliskan sesuatu. Mencatat perasaan Anda mungkin tampak langsung dari acara TV tahun 90-an tetapi memiliki kualitas penyembuhan yang hebat. Tuliskan bagaimana perasaan Anda, baca kembali untuk diri sendiri, buang atau masukkan ke dalam sebuah kotak. 

Melihat perasaan Anda di atas kertas dapat membantu pikiran Anda mendapatkan perspektif dan melihat sesuatu dari sudut pandang lain. Hal hebat lainnya yang harus dilakukan adalah menuliskan daftar semua bagian dari hubungan masa lalu yang membuat Anda kesal atau jengkel. 

Seringkali kita meromantiskan masa lalu dan mengingatnya lebih baik daripada sebelumnya. Menuliskan hal-hal negatif akan berfungsi sebagai pengingat dan akan membantu ketika Anda mengalami saat-saat kambuh.


Ubah Energi Anda Menjadi Sesuatu yang Positif

Meskipun duduk-duduk makan semua cokelat dan menonton acara TV adalah hal yang bagus untuk dilakukan pada awalnya, perlu ada saatnya proaktif adalah suatu keharusan untuk membuat hidup kita berjalan kembali. 

Jika Anda masih belum siap untuk bertemu orang atau bersosialisasi, mulailah dengan olahraga rutin. Berlari, berjalan, bersepeda atau apa pun yang dapat membuat endorfin itu bekerja. 

Latihan adalah katalisator yang sangat baik untuk proses pemulihan, itu akan menjernihkan dan menenangkan pikiran Anda dan mengurangi stres dalam hidup Anda. Berada di sekitar orang 
(bersosialisasi) juga sangat membantu mempercepat pemulihan dari patah hati.. 

Membenamkan diri Anda di sekitar orang-orang yang mencintai Anda berfungsi sebagai pengingat lembut bahwa cinta tidak hanya ada dalam hubungan romantis saja, tapi teman dan keluarga dapat membantu Anda keluar dari kesenangan itu lebih cepat.


Jangan Menyalahkan Diri Sendiri Atau Orang Lain

Meskipun merangkul emosi negatif kita itu baik, menyimpan kemarahan dan menyalahkan terlalu lama dapat berdampak buruk pada diri kita sendiri dan orang lain. 

Ketika kita menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menyalahkan orang lain atas apa yang kita rasakan, kita mengambil kekuatan kita dan pada dasarnya memberikannya kepada mereka. Ini bertindak sebagai penghalang untuk pemulihan kita dan membuat prosesnya menjadi lebih lama. 

Ingatlah bahwa tidak ada yang benar-benar harus disalahkan, apa pun yang terjadi untuk mengakhiri hubungan, kepahitan dapat menggerogoti Anda dan penting untuk mengenali kapan ini mengambil alih pikiran dan perasaan Anda. Jadi, jangan hanya menyalahkan diri sendiri atau orang lain.


Jangan Menyiksa Diri Sendiri

Sangat mudah untuk jatuh ke dalam perangkap analisis berlebihan mengapa hubungan berakhir dan bertanya-tanya apakah ada sesuatu yang bisa Anda lakukan secara berbeda. Pikiran-pikiran ini benar-benar tidak ada gunanya bagi kita selain untuk menyiksa diri kita sendiri. 

Merupakan hal umum untuk berfantasi tentang bagaimana Anda bisa melakukan lebih baik atau menyesali sesuatu yang Anda katakan atau lakukan yang Anda rasa dapat berkontribusi pada akhir hubungan. 

Tetapi kenyataannya adalah bahwa sebenarnya tidak ada yang dapat Anda lakukan. Pikiran Anda kadang-kadang bisa menjadi terlalu bersemangat, tetapi Anda perlu melakukan semua yang Anda bisa untuk menenangkannya, gunakan waktu Anda untuk melakukan hal positif agar pikiran Anda tidak terlalu stress.


Ingat Tidak Hanya Ada Satu Orang Di Luar Sana Untuk Anda

Kita hidup di dunia dengan miliaran orang. Jangan beranggapan orang yang telah manyakiti hati Anda adalah satu-satunya untuk Anda, tetapi kita semua tahu bukan itu masalahnya. Anda mungkin percaya bahwa tidak ada orang lain yang akan membuat Anda tertawa seperti itu lagi, atau memiliki banyak kesamaan dengan Anda dan ya, itu mungkin benar. 

Tetapi setiap orang unik dengan caranya sendiri dan akan ada seseorang (atau lebih banyak orang) yang akan terhubung dan terikat dengan Anda, dan memiliki banyak cara yang untuk membuat Anda bahagia. 

Ada alasan mengapa hubungan itu tidak berhasil dan itu hanya karena Anda tidak ditakdirkan untuk bersamanya tetapi itu tidak harus menjadi pemikiran yang menyedihkan. Setiap manusia di dunia telah ditakdirkan berpasang - pasangan. Saya yakin pada akhirnya Anda akan menemukan seseorang yang lebih tepat dari sebelumnya, mungkin itulah Cinta Sejati Anda.


Anda Akan Melihat Cahaya Di Ujung Terowongan

Pada dasarnya, Anda akan merasa seperti berada dalam semacam kegelapan untuk sementara waktu. Ini bisa menjadi tempat yang menakutkan terutama jika Anda belum pernah mengalami perpisahan yang serius sebelumnya. 

Anda mungkin tidak dapat membayangkan atau memikirkannya akan datang suatu hari ketika Anda akan keluar dari kesedihan Anda saat ini. Itu akan terasa indah dan alami, Anda akan merasa utuh kembali, Anda akan dapat tertawa dan tersenyum tanpa memikirkan mereka dan yang terpenting, Anda akan menjadi orang yang lebih kuat dan lebih baik karenanya. 

Anda mungkin merasa sendirian tetapi jutaan orang telah melalui proses yang sama persis dengan cara mereka sendiri dan mungkin telah melihat cahaya di ujung terowongan. Gunakan ini sebagai pengingat dan bukti fakta bahwa Anda juga akan melewati masalah dan sakit hati ini juga. Percayalah, Kebahagiaan akan tiba diwaktu yang tepat dan bersama orang yang tepat juga.


Baca juga artikel di blog ini yang berjudul, "Mengapa Anda Hanya Menemukan Cinta Ketika Anda Berhenti Mencarinya". Semoga bermanfaat.


Ilustrasi Photo by instagram ifeltwretched